Komunikasi Internal

Komunikasi internal adalah komunikasi yang terjadi di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Komunikasi dari atasan ke bawahan, maupun komunikasi dari bawahan ke atasan dan juga komunikasi dengan sesama karyawan merupakan bagian dari apa yang dimaksud dengan komunikasi internal. Komunikasi internal meliputi kejelasan sumber komunikasi, informasi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.

Informasi yang telah disampaikan oleh atasan dapat disebarkan kepada rekan kerja maupun bawahan. Keakuratan dan kelengkapan informasi yang dibutuhkan oleh karyawan adalah tugas-tugas penting, media informasi, kesadaran dan pengakuan perusahaan terhadap karyawannya.

Tujuan dari komunikasi ini adalah meningkatkan kinerja SDM yang ada di dalam perusahaan atau organisasi. Subjek yang terlibat dalam suatu perusahaan atau organisasi akan berusaha untuk mencapai tujuannya dengan menyampaikan pesan, ide, gagasan, dan informasi satu sama lain dengan baik. Kualitas komunikasi internal ditentukan oleh frekuensi dan intensitasnya dan akan terjadi konflik atau perbedaan pendapat dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Fungsi Komunikasi Internal

Terdapat setidaknya empat fungsi dari komunikasi internal organisasi, yaitu :

1. Untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi.

2. Untuk memastikan bahwa semua operasi organisasi yang direncanakan terkoordinasi dengan baik.

3. Untuk meyakinkan manajemen dengan menyajikan gambaran yang mewakili prosedur internal organisasi.

4. Untuk membiasakan karyawan dengan budaya organisasi yang ada di dalam perusahaan

Jenis-Jenis Komunikasi Internal

Komunikasi internal dalam sebuah organisasi memiliki peran vital dalam melaksanan fungsi manajemen. Adapun jenis-jenis komunikasi internal dalam suatu perusahaan/organisasi, yaitu:

1. Komunikasi Vertikal

Dalam komunikasi vertikal, arah arus informasi adalah dari atas ke bawah (dari pimpinan ke karyawan) dan sebaliknya. Informasi yang disampaikan biasanya berupa perintah, instruksi atau saran dari pimpinan.

2. Komunikasi Horizontal

Dalam komunikasi horizontal, arah aliran informasi seringkali mendatar. Komunikasi jenis ini terjadi di antara rekan kerja dalam level, departemen, atau divisi yang sama. Komunikasi horizontal biasanya memberikan manfaat bagi karyawan karena mereka dapat saling bertukar informasi dan pendapat di antara rekan kerja.

Alat atau Media dalam Komunikasi Internal

Alat atau media dalam komunikasi internat dapat mengakomodasi strategi yang hendak dibuat. Alat komunikasi internal yang paling efektif adalah email dan layanan chat.

1. Email

Email adalah bentuk singkat dari surat elektronik. Email dapat digunakan untuk mengirimkan pesan atau dokumen antar berbagai pihak dan dapat disampaikan dengan cepat dan akurat. Email memiliki peran penting dalam berkomunikasi untuk keperluan perusahaan, terutama dengan perusahaan lain.

2. Layanan Chatting

Layanan chatting ini merupakan aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan pengiriman dan penerimaan pesan di Internet. Pesan yang dikirim langsung terkirim ke seluruh anggota yang telah terdaftar dalam grup yang dibuat. Namun, terkadang grup yang dibuat cenderung selalu ramai, notifikasi yang menumpuk beresiko membuat karyawan tidak teliti dalam melakukan pengecekan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *