Komunikasi eksternal adalah komunikasi yang terjadi antara perusahaan dengan pihak eksternal seperti publik, organisasi atau entitas bisnis di luar perusahaan.
Salah satu contohnya adalah komunikasi yang berlangsung antara pimpinan atau kelompok yang mewakilinya dengan publik sasaran yang meliputi masyarakat sekitar, organisasi, lembaga pemerintah konsumen, pelanggan, dan media massa.
Tujuan dari komunikasi ini adalah mengupayakan tumbuhnya sikap dan citra positif dari publik terhadap suatu perusahaan.
Melakukan komunikasi eksternal tidaklah mudah. Ada citra perusahaan yang mutlak harus dijaga dengan baik. Karena reputasi perusahaan dipertaruhkan setiap kali perwakilan perusahaan berinteraksi dengan pihak luar, termasuk apa yang mereka katakan dan bagaimana mereka bertindak terhadap mereka.
Alat atau Media dalam Komunikasi Eksternal
Ada banyak alat atau media yang digunakan perusahaan untuk menjalin dan membangun komunikasi eksternal dengan pelanggan yang dikehendaki. Beberapa alat yang digunakan adalah Email, Website Perusahaan, Newsletter, Media Sosial, Konferensi dan pemasaran, Advertising Campaign. Berikut penjelasannya :
1. Email
Email telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk menyebarkan informasi, yang sangat mengesankan mengingat biaya pengiriman email tidak mahal. Email biasanya menjadi media yang digunakan perusahaan untuk menyebarkan informasi mengenai penjualan, diskon, atau perkenalan produk baru.
2. Situs Web Perusahaan
Alat ini menjadi salah satu alat yang paling penting untuk menyebarkan informasi tentang sebuah perusahaan. Melalui website, sebuah perusahaan dapat menampilkan produk, promosi, dan lainnya.
3. Newsletter
Alat ini mirip dengan email, hanya saja perusahaan dapat menyertakan informasi yang lebih detail mengenai produk atau layanan mereka. Newsletter juga dapat digunakan sebagai bahan pemasaran yang kemudian dapat digunakan oleh tenaga penjual yang ingin menutup transaksi dengan pelanggan.
4. Media Sosial
Media sosial dapat digunakan untuk membangun komunikasi eksternal antara perusahaan dan pelanggan. Perusahaan dapat menampilkan promosi dan update mengenai produknya melalui media sosial. Selain itu, pelanggan juga dapat memberikan testimoni atau saran mengenai produk atau jasa perusahaan melalui media sosial.
5. Konferensi
Konferensi merupakan salah satu sarana yang digunakan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung. Dengan menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya, perusahaan dapat menarik perhatian target pelanggan. Hal ini akan membangun hubungan antara pelanggan dan perusahaan.
6. Advertising Campaigns
Advertising Campaigns (kampanye iklan) merupakan salah satu alat penting dalam komunikasi eksternal. Melalui iklan, perusahaan dapat menyampaikan informasi kepada pelanggan mengenai produk dan jasa mereka. Iklan ini akan disampaikan melalui beberapa saluran seperti koran, televisi, radio, papan reklame dan lain-lain.
Manfaat dari Komunikasi Eksternal
Berikut beberapa manfaat dari komunikasi eksternal :
1. Berbagi info terkini
2. Membina hubungan dengan pelanggan
3. Membangun brand
4. Memperbaiki branding awareness
5. Meningkatkan komunikasi dengan stakeholders